Minggu, 30 April 2017

Keajaiban Paling Hebat di Dunia


Buku Puisi Arafat Nur
Sajak-sajak Arafat Nur banyak mengandung aforisma yang menarik dan mengejutkan. Sejumlah aforisma ciptaannya merefleksikan hubungan penyair dengan puisinya. Hormat saya untuk aforisma-aforisma ini: “Puisi adalah jalan, bukan kesimpulan. Jejaknya menyisakan tanya di setiap kata yang tak sempurna, tak berarti.” – “Kekasih cantikmu tidak menemukan apa pun dalam puisimu, seumpama lampu-lampu yang gagal dinyalakan, yang tak kuasa memanggil apa-apa, selain rajam kesunyian.” – “Kenapa kebahagiaan yang sederhana itu kaubuat menjadi sangat rumit?” – “Di sini aku hanya mampu menggubah puisi dari penggalan-penggalan pendek kata-katamu yang meninggalkan gema panjang di ingatanku.” – “Di dalam diriku begitu banyak orang yang mengajakku berbincang macam-macam.” – “Aku menulis puisi dari orang-orang dalam diriku yang membisikkan kata perkata ke telinga.” – “Terkadang Tuhan turun di hatimu, tapi tidak tinggal lama.” – “Aku suka puisi yang kala dibaca begitu nikmat, serupa kopi dibubuhi susu, diberikan pemanis madu (aku tak terlalu suka gula), diseduh lembut tanganmu.” – “Sebenarnya puisi juga kamar luas yang melebihi dunia.” – “Kekasihmu pun tak ada di sana, dia telah tersesat dalam puisi-puisi yang kaucumbui semalam dan tak mungkin bisa kembali.”          
§ Joko Pinurbo, penyair 

 
Dari berbagai persoalan yang begitu luas dan komplit, puisi-puisi dalam buku ini kembali lagi pada upaya saya berdamai dengan diri sendiri, berharap bisa menimbulkan bias yang tidak hanya dipahami sebagai permasalahan individual. Segala luapan persoalan ini kemudian menjadi kerja batin, seumpama tarekat—yang merupakan jalan mendekatkan diri kepada Tuhan—saya menjadikan puisi sebagai jalan mendekatkan diri pada hakikat hidup. Hakikat yang saya maksudkan di sini tidak mutlak, bukan kesimpulan akhir, bukan jawaban, tetapi memiliki makna tak terbatas. Sebagaimana saya ungkapkan dalam puisi Bukan Jawaban:
Puisi adalah jalan, bukan kesimpulan.
Jejaknya menyisakan tanya di setiap
kata-kata yang tak sempurna, tak berarti.
Siapa pun bisa melaluinya, juga pejalan kaki. 


MINAT:
Silakan hubungi Wawan: 
SMS/WA 081316320671 
Email: basabasistore@gmail.com 
Twitter: @basabas_istore 
IG: @basabasistor.