Rabu, 03 Mei 2017

Menyentil Issu Membaca


"Tolong jangan paksa aku membaca buku. Aku ini orang aceh yang tidak suka baca buku. Kesukaanku adalah menipu... Aku orang Indonesia .. Orang Indonesia juga tidak suka buku. Kami ini keturunan orang yang dijajah Belanda dan Jepang. Kami tak suka buku, Kami suka menekan dan menyakiti orang.." (Halaman 98)

Dari segi ide saya sudah tertarik dengan isunya yang mengangkat tema tentang Gerakan Aceh Merdeka (GAM) di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam dimana Partai Merah yang berkuasa dan menjadikan hidup rakyatnya semakin melarat dan disinilah sosok Murad buronan yang dicari-cari yang tampil kembali menjadi sosok pahlawan untuk membela ketidakadilan didepan matanya tersebut.

Saya menyukai sentilan yang ditulis oleh Penulis mengenai membaca buku dan betapa negeri ini lebih mempercayai ilmu sihir ketimbang ilmu pengetahuan. Yang sebenarnya tanpa kita sadari hal itu benar-benar nyata terjadi dalam lingkungan kehidupan kita sehari-hari. Tidak usah jauh-jauh ke Aceh di kantor saya sendiri yang notabenenya masih berlokasi di Pusat Jakarta Selatan saja yang suka membaca buku hanya 3-4 orang di dalam satu divisi ya. Bahkan ada yang membaca buku dalam setahun hanya sekali =___=a Apalagi kalimat "wajar saja Aceh tidak akan pernah maju penduduknya tidak ada yang gemar membaca yang ada malah gemar menipu dan rakus akan kekuasaan" secara tidak langsung itu seperti menyentil isu membaca di negeri ini

Endingnya dibuat gantung atau sengaja dibuat open ending seperti itu kali ya agar pembaca bisa menafsirkan apa yang selanjutnya akan dilakukan atau dihadapi oleh Murad?

"Beginilah buruknya wajah peradaban bangsa yang terpuruk, miskin, dan bodoh ini, sampai-sampai banyak yang beranggapan bahwa membaca itu hanyalah pekerjaan sia-sia yang tidak ada pahala. Pendapat ini semakin menyeret mundur lebih jauh, sampai-sampai mereka lebih menyukai dan mengamalkan ilmu guna-guna daripada ilmu pengetahuan. Lebih memilih sibuk menyakiti sesamanya lalu merasa bahagia mendapati orang lain celaka" (Halaman 99-100).