Selasa, 14 Januari 2014

Novel-novel Terkenal Dunia yang Terinspirasi dari Mimpi

Semua orang bermimpi. Namun, tidak semua orang menganggap bahwa mimpinya itu bermakna. Ada yang hanya menganggap sebagai bunga tidur, yang dihasilkan dari pikiran bawah sadar mereka setelah mengalami proses pemikiran dan perasaan dalam kehidupan sehari-hari. Dan, ada pula orang yang justeru malah terinspirasi untuk membuat karya. Berikut 5 contoh novel popular dunia yang terinspirasi dari mimpi.

1. Misery
Misery merupakan novel hasil karya salah satu penulis paling produktif dan populer saat ini, Stephen King. Novel ini terinspirasi dari mimpi di saat ia berada di pesawat. Konon, dalam mimpi itu terlintas ada seorang fans yang menculik pengarang favoritnya dan menjadikannya sebagai sandera. Setelah terbit, buku ini langsung meledak dan menjadi best-seller, hingga akhirnya menginspirasi para produser untuk dibuat film, dan juga laku. Bahkan, Kathy Bates yang bermain sebagai fan Annie Wilkes, menjadi Aktris Terbaik Academy Award dan Golden Globe saat itu.

2. Twilight
Novel ini merupakan hasil karya Stephenie Meyer yang saat ini mampu terjual sebanyak 17 juta kopi di seluruh dunia, lebih dari 91 minggu berada dalam daftar New York Times Best Seller. Konon, Meyer bermimpi tentang sepasang kekasih muda yang berbaring di padang rumput sedang mendiskusikan mengapa cinta mereka tidak pernah bisa bersatu. Dalam web-nya, ia menulis, "salah satu dari pasangan ini hanyalah gadis biasa, dan satu lagi adalah seorang pria yang sangat tampan, gemerlapan, dan seorang vampir. Mereka sedang membahas rintangan yang melekat bahwa mereka saling jatuh cinta satu sama lain sementara yang seorang vampir tertarik pada aroma darahnya."

3. Dr Jekyll dan Mr Hyde
Novel ini ditulis oleh Robert Louis Stevenson. Konon, ia bermimpi tentang seorang dokter dengan gangguan kepribadian yang terpisah. Setelah terbangun, ia pun segera menuliskannya, dan tidak lebih dari tiga hari, draft pertamanya dapat diselesaikan. Kini, kisah ini menjadi salah satu novel yang mampu bertahan hingga saat ini dan diadapatsi ke dalam layar lebar.

4. Jonathan Livingston Seagull
Novel ini ditulis oleh Richard Bach. Konon, awalnya ia mendapatkan semacam bisikan gaib untuk menentukan judul buku tersebut. Hingga akhirnya, pada delapan tahun kemudian ia bermimpi tentang burung camar titular, dan akhirnya ia pun bergegas untuk mendokumentasikannya ke dalam tulisan. "Anda tidak akan pernah diberikan sebuah mimpi tanpa diberi kekuatan untuk membuatnya terwujud, dan Anda juga harus berusaha untuk itu."

5. Frankenstein
Novel ini ditulis oleh Mary Shelley berdasarkan atas mimpi. Konon, di dalam mimpi itu, ia melihat dengan jelas sesosok raksasa Frankenstein dan membayangkan keadaan bagaimana ia telah diciptakan. Pada awalnya ia merasa takut dan tidak berpikir sama sekali untuk menuliskannya. Namun, atas dorongan suaminya, pada satu tahun berikutnya, Frankenstein pun ditulis dan diterbitkan. (Lina/anehdidunia.com)
dikutip dari http://www.mizan.com/news_det/novel-novel-terkenal-dunia-yang-terinspirasi-dari-mimpi.html

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


ARAFAT NUR adalah penulis prosa yang memulai bakatnya dengan menulis puisi, lantas mengarang cerita pendek, dan terakhir lebih terpumpun pada novel. Di sela-sela kesibukannya sebagai pekerja serabutan, dia gemar membaca buku-buku sejarah dan sastra asing. Lampuki (Serambi, 2011) merupakan novelnya yang terpilih sebagai pemenang Sayembara Novel Dewan Kesenian Jakarta 2010 dan peraih Khatulistiwa Literary Award 2011. Novel Terbarunya adalah Burung Terbang di Kelam Malam (Bentang, 2014).