Selasa, 30 Juni 2015

Masalah dalam Menulis

Yang tersulit dari menulis itu yaitu memulai kalimat pertama. Kalau kalimat pertama sudah ketemu, selanjutnya akan sangat mudah. Dan ketika kalimat pertama sudah dituliskan sama nilainya kita sudah melakukan setengah pekerjaan. Kalau kalimat pertama sebuah novel sudah tertulis, berarti kita sudah mengerjakan setengah novel, selanjutnya tinggal mengerjakan setengah lagi. Begitulah saya memotivasi diri sendiri dalam menulis..
      Saya yakin setiap penulis mempunyai masalah dan mengalami hambatan saat menulis, terlebih para pemula. Dulu saya juga pernah mengalami masalah ini saat menulis cerpen kedua saya Tawa Seorang Lelaki di Sebuah Kota Kecil (Harian Waspada). Di tengah-tengah menulis tiba-tiba buntu, mandeg! Saya betul-betul tidak bisa melanjutkan lagi kisah yang sudah terbangun separuh. 
    Berhari-hari saya berpikir keras mencari penyebabnya. Saya membaca banyak buku, teori sastra, cerpen, novel, sejarah, bahasa, kedokteran, filsafat, bahkan kimia, sampai kemudian saya menemui pangkal persoalannya. Akhirnya saya menulis lancar-lancar saja. Percayalah, tanpa kita mengetahui masalah apa yg telah menghambat jalan menulis kita, kita tak bakalan menemukan solusi. 

~Baca kisah unik perjuangan Mustafa dalam menyelesaikan sebuah novel penting dalam TEMPAT PALING SUNYI (Grandha, 2015)